Hati-Hati, Diabetes Sebabkan Komplikasi Ginjal Bocor

      No Comments on Hati-Hati, Diabetes Sebabkan Komplikasi Ginjal Bocor

Hati-Hati, Diabetes Sebabkan Komplikasi Ginjal Bocor

Hati-Hati, Diabetes Sebabkan Komplikasi Ginjal Bocor

Siapa yang tak mengenal penyakit diabetes. Penyakit yang satu merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tak hanya itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya lainnya. Salah satunya adalah menyebabkan ginjal bocor atau kebocoran ginjal.

Baca Juga : Obat Gagal Ginjal

Ginjal bocor merupakan sebuah istilah yang menunjukkan suatu kondisi di mana pada ginjal mengalami kebocoran. Ginjal bocor juga sebenarnya bukan sebuah penyakit, tapi lebih tepatnya adalah sekumpulan gejala dari penyakit yang mempengaruhi fungsi penyaringan glomerulus ginjal. Kondisi ini disebut ginjal bocor, karena mengacu pada salah satu fungsi ginjal sebagai alat penyaring yang tidak berfungsi dengan baik atau mengalami penurunan fungsi. Protein yang seharusnya tidak keluar justru malah menerobos keluar dari ginjal, sehingga disebutlah dengan istilah ginjal bocor alias kebocoran ginjal, atau yang lebih tepatnya adalah sindrom nefrotik.

Ginjal bocor bisa terjadi pada siapa saja. Bisa pada orang dewasa, bisa juga terjadi pada anak-anak. Dan jika terjadi pada anak-anak, maka biasanya yang mengalaminya adalah anak-anak yang berusia 18 bulan hingga anak-anak yang berusia 4 tahun, dan lebih seringnya terjadi pada anak laki-laki. Di mana sebagian besarnya menderita jenis sindrom nefrotik yang disebut dengan minimal change disease, yaitu penyakit dengan perubahan minimal.

Kerusakan Organ Penyaring

Kerusakan ginjal sering terjadi pada pasien dengan kondisi yang dikenal sebagai diabetes, nefropati diabetik. Hal ini terjadi sebagai filter dalam organ ginjal rusak, sehingga ginjal menyalurkan sebagian dari protein albumin darah ke dalam kebocoran atau urine.

Baca Juga : Mengatasi Gagal Ginjal Dengan Cuci Darah

Kebocoran ginjal yang menyebabkan masuknya protein albumin dalam klasifikasi urin di bawah dua kondisi. Pertama, mikroalbuminuria memiliki protein albumin bila dalam sekitar 30 sampai 300 miligram urin per hari. Hal ini di tengah-tengah menampilkan masalah ginjal, sehingga kita perlu untuk mendapatkan perawatan medis segera.

Yang kedua adalah proteinuria. Ini adalah kondisi untuk menangani lebih dari 300 miligram albumin urin dan kesulitan lagi per hari protein. Ginjal Gagal ginjal bocor jenis risiko yang menyebabkan beberapa waktu ke depan.

Kadar gula darah yang tinggi pada pasien diabetes dapat mengakibatkan jaringan parut sel dalam filter ginjal. Hal ini dapat memperlambat fungsi ginjal secara perlahan selama bertahun-tahun. Jika tidak diolah, proses berlanjut menyebabkan gagal ginjal.

Jika pasien memiliki diabetes tipe 1 mellitus 20 tahun, merokok darah aktif telah terkontrol kadar glukosa darah, hipertensi, jenis, atau memiliki keluarga dengan diabetes atau gangguan ginjal sebelum merokok aktif, beberapa gejala diabetes antara lain, Risiko disfungsi ginjal.

Baca Juga : Obat Gagal Ginjal

Gejala yang Perlu Dicermati

Bahkan, gagal ginjal seperti kebocoran ginjal, perkembangan yang lambat sering disertai dengan gejala spesifik dalam banyak kasus. Gejala baru akan ditampilkan 5 sampai 10 tahun setelah terjadinya disfungsi ginjal.

Namun, disfungsi ginjal mungkin dapat mengenali beberapa tanda-tanda awal sesering kaki merasa lemah, sakit kepala, mual, muntah, atau nafsu makan.

Pembengkakan pada kaki, gatal-gatal pada kulit, dan gejala lain yang tampak seperti sering infeksi. Peningkatan kadar albumin dalam urin adalah salah satu gejala dari disfungsi ginjal pada pasien diabetes.

Untuk mencegah ginjal kebocoran atau penyakit ginjal lainnya, pasien diabetes mempertahankan tingkat glukosa darah dan ini penting karena tekanan darah normal. Selain itu, Anda memeriksa protein dengan urine atau tes darah untuk menyelidiki fungsi ginjal setidaknya sekali setahun? Sama pentingnya bergerak naik, berhenti merokok dan gaya hidup sehat.

Untuk penderita diabetes, jangan ragu untuk meminta dokter tentang risiko ginjal, jangan ragu untuk bocor cara terbaik untuk mencegahnya.

Baca Juga : Daun Seledri Ternyata Bikin Ginjal Lebih Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *