Mari Kita Kenali Struktur Anatomi Ginjal

      1 Comment on Mari Kita Kenali Struktur Anatomi Ginjal

Mari Kita Kenali Struktur Anatomi Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi yang memiliki bentuk menyerupai kacang. Setiap orang memiliki 2 ginjal dalam tubuhnya, dengan peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup. Bahkan orang yang hanya memiliki satu ginjal saja bagaikan hidup tanpa pegangan. Sulit sekali untuk bisa hidup normal. Itu karena begitu pentingnya peranan ginjal dalam menunjang kelangsungan hidup seseorang.

Mari Kita Kenali Struktur Anatomi Ginjal

Ginjal merupakan bagian dari sistem urin. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran (terutama urea) dari darah, yang kemudian dibuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin alias air kencing. Ginjal terletak di belakang perut, yakni di sebelah kanan tulang belakang dan di sebelah kiri. Tugas lainnya dari adalah menyaring darah, membuang limbah sisa hasil metabolism tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh, serta mengatur keseimbangan elektrolit atau garam tubuh.

Dengan peranannya yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, maka sangat penting juga bagi kita untuk senantiasa menjaganya agar tetap sehat dan bisa berfungsi normal dan optimal. Untuk itu, mari kita kenali lebih dekat mengenai anatomi ginjal ini.

Baca Juga : Pentingnya Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Manusia

Seperti yang telah disebutkan di awal, setiap orang memiliki 2 ginjal dalam tubuhnya. Letak ginjal kanan dengan ginjal kiri tidak pada ketinggian yang sama persis. Lantaran rongga perut berbentuk simetris. Pada perut sebelah kanan terdapat organ hati, sehingga letak ginjal pun lebih rendah dibandingkan yang ada di perut sebelah kiri. Selain itu, ukuran dari ginjal kanan juga lebih kecil dibandingkan ginjal sebelah kiri. Kemudian, ukuran ginjal laki-laki dengan ukuran ginjal perempuan juga berbeda. Pada perempuan, berat ginjal berkisar antara 115 gr – 155 gr. Sementara pada laki-laki, berat ginjalnya sekitar 125 gr – 170 gr. Ukurannya sekitar 10 hingga 13 cm. Tiap ginjal merupakan rumah bagi sekitar 1 juta unit fungsional berukuran superkecil yang disebut nefron. Nefron merupakan filter (penyaring) darah mikroskopis.

Struktur Utama Anatomi Ginjal

Struktur utama ginjal ada dua, yaitu medulla renal dalam dan korteks renal luar. Di dalam medula terdapat nefron yang memanjang dari bagian korteks. Bagian nefron yang ada di medula merupakan lengkung henle dan tubulus kolektivus.

Organ ginjal terdiri dari 8 hingga 18 lobus ginjal yang berbentuk kerucut, masing-masing berupa sebuah bagian medulla (piramida Malpighi) yang diselimuti korteks. Di antara piramida-piramida tersebut ada kolom Bertin atau kolom ginjal. Ujung tiap piramida disebut papila, yang memiliki tugas mengirim urin ke kaliks minor, menuju ke kaliks mayor, lalu ke pelvis renal, kemudian tiba di saluran kencing.

Baca Juga : Obat Gagal Ginjal

Sementara itu, nefron yang fungsinya menghasilkan urin secara berurutan tersusun dari :

  • Badan ginjal atau korpus, yaitu kapsula bowman dan glomerulus. Yang mana glomerulus itu merupakan jaringan kapiler yang menyaring darah. Dan glomelurus ini dikelilingi oleh kapsula bowman. Darah dari arteriol aferen masuk ke glomerulus untuk disaring. Setelah itu darah masuk arteriol eferen.
  • Tubulus kontortus proksimal yang terdapat pada korteks. Fungsinya adalah mengatur tingkat keasaman (pH) zat yang tersaring dan mensekresikan asam organik, seperti kreatinin dan zat basa lainnya ke dalam zat yang terasring tersebut. Di bagian ini terjadi penyerapan kembali zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Lengkung henle descendens (turun).
  • Lengkung henle ascendens (naik), terdapat pada medulla, mengarah ke lengkung henle ascendens yang tebal. Bagian ini tidak dapat menyerap air dan ion, kecuali natrium dan klorida yang menyeberang dengan difusi.
  • Lengkung henle ascendens tebal.
  • Tubulus kontortus distal, yang memiliki tugas untuk mengatur pH, kalsium, sodium, dan potasium.
  • Duktus pengumpul (collecting duct) yang membuka ke papilla ginjal. Duktus ini terdiri dari serangkaian tubulus dan saluran yang menjadi penghubung antara nefron dan ureter.

Itulah struktur anatomi ginjal yang memang terbilang rumit, namun peranannya sangat penting sekali pada tubuh manusia, sehingga sangat diwajibkan sekali untuk kita senantiasa menjaganya tetap sehat supaya bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Karena cukup berbahaya sekali jika ginjal tidak berfungsi normal, berbagai penyakit bisa menyerang. Yang paling berbahaya adalah ginjal mengalami kegagalan fungsi atau yang lebih dikenal dengan istilah gagal ginjal. Kondisi tersebut sudah banyak menelan korban jiwa. Jadi, waspadalah terhadap kondisi tersebut dengan senantiasa melakukan perawatan terhadap kesehatan ginjal.

Baca Juga : Waspada, Obat Analgesik Berisiko Sebabkan Gagal Ginjal

One thought on “Mari Kita Kenali Struktur Anatomi Ginjal

  1. Pingback: Daun Seledri Ternyata Bikin Ginjal Lebih Sehat | OBAT GAGAL GINJAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *