Waspada, Obat Analgesik Berisiko Sebabkan Gagal Ginjal

Waspada, Obat Analgesik Berisiko Sebabkan Gagal Ginjal

Waspada, Obat Analgesik Berisiko Sebabkan Gagal Ginjal

Analgesik tidak menimbulkan efek samping yang merugikan pada dosis yang benar, namun beberapa kondisi dapat mempengaruhi ginjal khususnya

Baca Juga : Obat Gagal Ginjal

Analgesik biasanya digunakan untuk meringankan atau menghilangkan rasa sakit. Beberapa obat dapat dibeli secara bebas, aspirin, acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen sodium, tanpa perlu resep.

Analgesik tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, tetapi bila digunakan pada dosis yang benar, beberapa kondisi dapat mempengaruhi kesehatan ginjal dengan cara lain.

Misalnya, mengambil dosis tunggal atau kombinasi obat ini secara teratur selama jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko masalah ginjal. Dan sebagian obat yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal adalah satu-satunya obat yang dapat diekskresikan melalui ginjal.

Beberapa insiden yang berkaitan dengan penggunaan analgesik seperti gagal ginjal akut, aspirin, ibuprofen, dan naproxen telah dilaporkan.

Baca Juga : Gangguan Kesehatan Ini Merupakan Gejala Gagal Ginjal

Ini laporan kasus dalam jangka waktu maksimal 10 hari, tidak mengambil analgesik dengan dosis tunggal atau dalam kombinasi, tetapi sebagai memiliki faktor risiko seperti eritematosus sistemik lupus, orang tua, status ginjal kronis, atau Pasien konsumsi alkohol.

Pasien yang membutuhkan tindakan darurat untuk membersihkan darah biasanya kembali ke fungsi ginjal normal pada akhir darurat.

Lain cerita dengan masalah ginjal yang diperoleh dengan mengonsumsi analgesik jangka panjang sehari-hari dari beberapa tahun yang lalu.

Kondisi ini secara bertahap dapat membuat orang terkena nefropati analgesik, yaitu penyakit ginjal kronis, yang disebabkan oleh obat-obatan yang memerlukan perawatan permanen dan mengakibatkan penghentian penyakit ginjal stadium. Namun, kami membutuhkan transplantasi ginjal untuk mengembalikan fungsi ginjal.

Baca Juga : Obat Gagal Ginjal

analgesik nyeri dikombinasikan dengan dua atau lebih analgesik seperti aspirin atau acetaminophen, yang digunakan bersama-sama dengan kafein atau kodein, yang paling mungkin untuk merusak ginjal. Campuran sering dijual sebagai bubuk atau serbuk.

Penggunaan analgesik tunggal seperti aspirin saja itu tidak terjadi ketika menyebabkan kerusakan ginjal.

Oleh karena itu, pasien dengan kondisi yang meningkatkan risiko gagal ginjal akut, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil obat apa pun.

Orang-orang yang mengambil obat penghilang rasa sakit secara teratur perlu memeriksa kesehatan mereka ke dokter untuk mengkonfirmasi bahwa tidak ada masalah dengan ginjal segera. Dokter dapat menyarankan obat alternatif yang aman untuk ginjal.

Baca Juga : Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Ginjal

1 thought on “Waspada, Obat Analgesik Berisiko Sebabkan Gagal Ginjal

  1. Pingback: Pentingnya Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Manusia | OBAT GAGAL GINJAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *